Skip to main content

Manfaat Naik Sepeda

Image source : amazine.co

Bersepeda selain untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh namun juga menjadi salah satu gaya hidup masyarakat modern. Ada dua alasana orang naik sepeda yaitu untuk transportasi dan untuk berolahraga. Namun keduanya dapat didapat sekaligus. Berikut alasan kenapa naik sepeda begitu bermanfaat :
  1. Investasi kesehatan. Dengan bersepeda kita mulai menginvestasikan kesehatan kita.
  2. Memperlancar pernafasan dan memperbaiki pola tidur
  3. Memperlancar metabolisme dan sirkulasi darah dan oksigen dalam tubuh.
  4. Menjaga tubuh tetap sehat. Bersepeda adalah berolahraga, tubuh akan terasa sehat
  5. Meminimalisir gangguan kesehatan seperti obesitas (kegemukan), serangan jantung, diabetes, kolesterol.
  6. Memperkuat tulang dan sendi. Dengan bersepeda otot, tulang dan sendi akan dilatih menjadi lebih kuat.
  7. Memperlambat efek penuaan. Bersepeda akan membuat tubuh sehat dan mengencangkan kulit.
  8. Memperbaiki bentuk tubuh dan penampilan. Dengan bersepeda akan membentuk tubuh yang atletis dan berisi.
  9. Mengurangi stress dan memperbaiki mood. Dengan bersepeda mengelilingi daerah perbukitan, persawahan dan pedesaan akan menghilangkan rasa stress dan membuat tubuh segar dan bugar.
  10. Meningkatkan energy dan rasa percaya diri. Dengan badan yang sehat diperoleh energy yang kuat dan meningkatkan kepercayaan diri.
  11. Menghemat  BBM dan biaya transportasi, dan mengurangi polusi. Karena dengan bersepeda tidak membutuhkan bahan bakar fosil yang setiap waktu mulai menipis.
  12. Mengurangi tingkat kecelakaan lalu lintas karena tingkat bahaya bersepeda dan kecepatan bersepeda tidak terlalu tinggi sehingga aman.
  13. Segala umur bisa menikmati acara bersepeda mulai dari 5 tahun sampai 70 tahun bisa menikmati acara bersepeda.
  14. Tidak perlu memiliki SIM (surat ijin mengemudi). Karena sepeda bukan kendaraan bermotor.
  15. Memperbanyak ikatan pertemanan dikarenakan sudah mulai banyak didirikan club atau perkumpulan mengenai sepeda
  16. Menemukan jalan baru yang begitu menantang. Dengan bersepeda daerah yang sulit terjangkau oleh kendaraan umum (mobil, motor) dapat ditempuh dengan menggunakan sepeda. Sehingga akan menambah pengalaman hidup.
  17. Berolahraga sekaligus berekreasi dengan naik sepeda. Berkeliling ketempat baru menggunakan sepeda secara tidak langsung seperti pergi berekreasi.
  18. Mendekatkan diri dengan alam. Dengan bersepeda melewati pedesaan dan pegunungan, kita akan merasa sangat dekat dengan alam.
  19. Mencintai lingkungan dan alam sekitar. Dengan bersepeda lingkungan dan alam akan tetap asri karena sepeda tidak menimbulkan polusi.
  20. Bebas macet. Dengan bersepeda kita mempunyai banyak plihan untuk melewati jalur yang bebas macet.
  21. Parkir murah. Biaya parkir cukup murah bahkan gratis akan tetapi tetap waspada saat mamarkirkan sepeda anda karena kalau tidak dikunci akan sangat rawan di curi.
  22. Parkir mudah. Tidak perlu tempat yang luas untuk parkir.
  23. Biaya perawatan murah. tidak seperti kendaraan bermotor, sepeda sangat murah dalam segi perawatan komponen.
  24. Bebas banjir. Ketika menghadapi jalan yang banjir tidak perlu was was kendaraan akan mogok, ini sangat berbeda dengan kendaraan bermotor yang rawan mogok saat banjir.
  25. Menghilangkan kegiatan berbau negatif. Kegiatan negatif seperti merokok, alkohol, narkoba, sex bebas, galau dan lain lainnya akan hilang dengan cara mengganti ke kegiatan yang positif seperti naik sepeda.
  26. Dapat menambah penghasilan. Masuk akal seperti tukang loper koran yang menggunakan sepeda akan lebih menguntungkan daripada menggunakan mobil, karena perbedaan biaya transportasi yang digunakan.
  27. Menjadi seorang atlet dunia dan terkenal. Siapa sangka hobi naik sepeda dapat ditingkatkan menjadi sebuah profesi seorang atlet sepeda apabila anda memiliki bakat luar biasa.
  28. Efektif dan efesien. Apabila anda mau membeli minuman di warung depan yang jaraknya cuman 100 meter dari rumah, akan sangat efektif sekali naik sepeda dari pada menggunakan mobil.
  29. Bahagia. Dengan naik sepeda akan ada perasaan bahagia. 

Uraian diatas merupakan manfaat naik sepeda. Masih banyak sekali manfaat naik sepeda. Kalau rekan-rekan ada yang mau menambahkan, dipersilahkan.


Comments

  1. Thx utk infonya.. mampir yuk ke http://elementmtb.com/mengapa-tubuh-lemas-atau-pusing-setelah-gowes/

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Prosedur Tanggap Darurat Gangguan Huru Hara atau Demo Massal

Kekacauan huru hara atau demo massal adalah gangguan operasi karena terjadinya demo massal oleh karyawan perusahaan atau masyarakat sekitar perusahaan, sehingga dapat mengganggu jalannya kegiatan operasi perusahaan.  Prosedur Tanggap Darurat Gangguan Huru Hara atau demo massal adalah bagaimana cara mengatur tata cara penanggulangan kekacauan huru hara karena. Untuk menanggulangi huru hara atau demo massal kita harus secara hati hati dalam mengatasinya. Karena kalau salah dalam mengatasi atau menanggulangi huru hara atau demo massal, bukannya ketertiban yang didapat malah bisa berubah menjadi kekacauan. Dan berikut saya uraikan langkah langkah dalam mengatasi demo massal atau huru hara Tindakan Umum: 1.     Kepala Satpam mengkoordinir para anggotanya dan bekerjasama dengan Koordinator Tanggap Darurat untuk menyiapkan regu tanggap darurat untuk stand by bilamana diperlukan. 2.    Satpam bekerjasama dengan HRD akan mengisolasi tempat-tempat berkumpulnya karyawan dan massa melal

Tanggap Darurat Tumpahan Bahan Kimia

Bahan kimia merupakan zat atau bahan yang mengandung komposisi kimia. Bahan kimia ini ada yang sifatnya berbahaya dan ada juga yang sifatnya tidak berbahaya. Contoh bahan kimia yang tidak berbahaya adalah sabun, deterjen dan lain lain, sedangkan bahan kimia yang berbahaya contohnya air keras (hcl), solar, bensin dan lain lain. Bahan kimia biasa digunakan sebagai bahan baku atau bahan pendukung dalam suatu proses industri. Penyimpanan bahan kimia disarankan harus mempunyai desain kusus sehingga meminimalkan tumpahan bahan kimia, bahan kimia berbahaya yang tumpah akan sangat membahayakan orang maupun mencemari lingkungan apabila tidak ditangani dengan benar. Berikut tanggap darurat tumpahan bahan kimia : Pastikan tempat penyimpanan bahan kimia disediakan secondary containment yang mempunyai kapasitas 110% dari volume bahan kimia yang disimpan. Secondary containment ini berfungsi untuk mencegah tumpahan bahan kimia menyebar kemana mana. Pastikan selalu tempat penyimpanan baha

Prosedur Pemadam Kebakaran

Kebakaran adalah bencana yang sangat mengerikan, bisa terjadi di rumah, tempat bekerja, pabrik , hutan, maupun di gedung bertingkat. Proses terjadinya kebakaran sangatlah cepat, dalam hitungan detik api mudah menjalar dan membesar, Berikut adalah prosedur pemadam kebakaran yang cukup singkat, sebagai langkah cepat menangani kebakaran : Jangan Panik , Jika terjadi keabakaran janganlah panik, berpikirlah dengan cepat dengan menentukan apa yang akan dilakukan bila terjadi kebakaran. Putuskan aliran listrik di sekitar lokasi kejadian. Ini dilakukan supaya tidak terjadi konsleting listrik jika kita padamkan dengan menggunakan air. Padamkan api menggunakan apar dengan cepat dan tepat. Selalu ketahui letak apar dan cara menggunakannya, pastikan apar dalam kondisi baik dan mudah diakses Jika api membesar hubungi team tanggap darurat atau team pemadam kebakaran internal maupun bantuan dari pemadam kebakaran luar. Bagi yang tidak berkepentingan segera meninggalkan lokasi ke z